Jumat, 23 Desember 2011

PAPERCRAFT

wAaahhhh seneng klo udah ngomongin papercraft..... :D
udah 2 tahun ini suka banget ama kerajinan asal jepang ini.Papercraft atau pepakura merupakan seni melipat atau pengembangan dari seni origami. nama aslinya 3D Papercraft tapi biar lebih gambang disebut Papercraft.



Papercraft dapat berupa, Papertoys merupakan perkembangan dari vinyl toys yang mer
up
akan salah satu hasil dari urban art, grafitti dan street art. Vinyl toys dibuat oleh seorang
seniman urban yang berupa wujud 3 dimensi dari karakter rekaan mereka sendiri, biasanya berbentuk sederhana dengan menekankan pada seni grafis yang dituangkan pada bidang 3 dimensi tersebut.
Obyek yang dibuatpapercraft secara general meliputi hampir semua benda yang ada di dunia, miniatur dalam bentuk kertas, a

da yang kendaraan, bangunan, manusia, binatang, karakter game, film bahkan makanan juga dibuat
papercraftnya
.

Kemudian ada yang berupa paper model, Paper model adalah turunan dari scale model, yaitu model d
ari benda asli dengan skala dan tingkat kemiripan yang mendekati aslinya. Maka itu paper model dapat sangat detail sekali baik bentuk 3 dimensinya maupun warnanya atau grafisnya. Jika kita melihat maket sebuah bangunan yang terbuat dari karton itu dapat disebut paper model atau card model.

Salah satu seniman Papercraft adalah Julius Perdana, dia adalah pembuat website Paper-replika.com. Dia juga yang menciptakan hampir semua model di website tersebut.

Komunitas PeRi

Julius Perdana juga Smembentuk komunitas PeRI (Paper Replika Indonesia), sebuah komu
nitas yang aktif bergerak di bidang papercraft. PeRI sering sekali mengadakan pameran dan workshop papercraft. Di perikertas.com yang menaunggi komunitas PeRI ini dijelaskan tips dan trik dalam membuat Papercraft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar